Selasa, 06 Agustus 2013

Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Lingkungan


PENDAHULUAN

Ilmu lingkungan merupakan suatu ilmu pengetahuan multi-disiplin karena didalamnya mencakup berbagai bidang ilmu seperti kimia, fisika, ilmu kedokteran, ilmu hayati, pertanian, kesehatan masyarakat, teknik sanitasi dan lain-lain. Ilmu lingkungan adalah ilmu pengetahuan tentang fenomena fisika dalam lingkungan. Ilmu ini mempelajari tentang sumber-sumber, reaksi, transportasi, efek dan kejadian fisik suatu spesies biologi di udara, air dan tanah dan pengaruh dari kegiatan manusia terhadapnya.

Penjelasan tentang Lingkungan
Secara literer, lingkungan berarti kondisi eksternal sekelilingnya (sekitarnya) yang mempengaruhi perkembangan atau pertumbuhan manusia, hewan atau tumbuhan; kondisi hidup atau kondisi kerja dsb.
Pengertian ini menimbulkan tiga pertanyaan:
1. Apa yang dikelilingi
Jawaban atas pertanyaan ini adalah objek hidup pada umumnya dan manusia khususnya.
2. Dengan (oleh) apa dikelilingi
Atribut fisik adalah jawaban untuk pertanyaan ini, yang kemudian menjadi lingkungan. Sebetulnya, yang menjadi perhatian dari semua pendidikan adalah lingkungan manusia. Namun, manusia tidak bisa eksis atau dipahami secara terpisah dari bentuk-bentuk lain dari kehidupan dan dari alam tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu, lingkungan mengacu kepada sejumlah total dari kondisi yang mengelilingi titik di ruang dan waktu. Ruang lingkup dari istilah lingkungan telah berubah dan melebar dengan berjalannya waktu. Di masa primitif, lingkungan hanya terdiri atas aspek fisik yang meliputi lahan yang ditanami, udara dan air sebagai komunitas biologi. Seiring berlalunya waktu, manusia telah memperluas pengertian lingkungan melalui fungsi sosial,ekonomi dan politik.
3. Dimana dikelilingi
Jawaban untuk pertanyaan ini adalah di alam, dimana komponen fisik bumi yaitu tanah, air, udara dll mendukung dan mempengaruhi kehidupan biosfer. Menurut Goudie, lingkungan adalah wakil dari komponen fisik bumi dimana manusia adalah faktor penting yang mempengaruhi lingkungan.
(i) Definisi lingkungan: beberapa definisi penting lingkungan adalah sbb:
1. Boring: 'lingkungan seseorang' terdiri dari sejumlah total stimulasi yang diterimanya mulai dari konsepsinya sampai kematiannya.'
Dapat disimpulkan dari definisi di atas bahwa lingkungan terdiri atas berbagai jenis kekuatan seperti fisik, intelektual, ekonomi, politik, budaya, sosial, moral dan emosional. Lingkungan adalah sejumlah total dari semua kekuatan eksternal, pengaruh dan kondisi, yang mempengaruhi kehidupan, alam, perilaku dan pertumbuhan, perkembangan dan pematangan hidup organisme.
2. Douglas dan Holland: 'istilah lingkungan digunakan untuk menjelaskan dalam agregat, semua kekuatan eksternal, pengaruh dan kondisi, yang mempengaruhi kehidupan, alam, perilaku dan pertumbuhan, perkembangan dan kematangan hidup organisme.'

(ii) Ruang lingkup lingkungan: lingkungan terdiri atas 4 segmen seperti dijelaskan di bawah ini:
1. Atmosfer: atmosper diisyaratkan sebagai selimut pelindung dari gas yang melingkupi bumi:
(a) atmosfer menopang kehidupan di bumi.
(b) atmosfer melindungi bumi dari lingkungan yang tidak bersahabat yang berasal dari luar angkasa
(c) atmosfer menyerap sebagian besar sinar kosmik dari luar angkasa dan sejumlah besar radiasi elektronik dari matahari.
(d) atmosfer dapat mentransmisikan sinar UV, yang tampak dalam bentuk radiasi inframerah pendek (300-2500 nm) dan gelombang radio (0.14 sampai 40 m).
Atmosfer terdiri atas nitrogen dan oksigen. Disamping itu terdapat pula argon, karbondioksida dan gas.
2. Hidrosfer: hidrosfer terdiri atas semua jenis air yang bersumber dari samudera, lautan, danau, sungai, arus, waduk, bongkahan es kutub, gletser dan air tanah.
(i) secara alami 97% suplay air di bumi adalah di lautan,
(ii) sekitar 2% dari sumberdaya air terkunci di bongkahan es kutub dan gletser,
(iii) hanya sekitar 1% yang tersisa dalam bentuk sungai-air tawar permukaan, danau dan air tanah yang cocok digunakan untuk konsumsi manusia dan penggunaan lainnya.
3. Litosfer: litosfer adalah lapisan luar dari padatan bumi. Lapisan ini terdiri atas mineral-mineral yang terbentuk di kerak bumi dan tanah misalnya mineral, materi organik, udara dan air.
4. Biosfer: biosfer menunjukkan alam dari organisme hidup dan interaksi mereka dengan lingkungan yaitu atmosfer, hidrosfer dan litosfer.

Elemen lingkungan
Lingkungan dibentuk oleh sistem interaksi dari unsur fisik, biologi dan budaya yang saling terkait dalam berbagai cara, baik secara individu maupun kolektif. Unsur itu dapat dijelaskan seperti di bawah ini :
(1) Unsur fisik
Unsur fisik berupa ruang, bentuk lahan, badan air, tanah, iklim, batuan dan mineral. Unsur-unsur ini menentukan keragaman karakter dari habitat manusia, peluang dan keterbatasannya.
(2) Unsur biologi
Unsur biologi seperti tanaman, binatang, mikroorganisme dan manusia yang menyusun biosfer.
(3) Unsur budaya
Unsur budaya seperti ekonomi, sosial dan politik pada dasarnya merupakan fitur buatan manusia yang kemudian membentuk lingkungan budaya.

Diterjemahkan dari :  http://www.newagepublishers.com/samplechapter/001281.pdf

Tidak ada komentar: