Selasa, 23 Juli 2013

Anekahosting.com, Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Web hosting, Apa itu?
Bagi sebagian dari kita (termasuk saya tentunya) istilah itu masih terdengar asing di telinga kita. Di era internet seperti sekarang ini, hampir setiap hari kita selalu bersentuhan dengan dunia maya, entah itu untuk keperluan browsing, chatting, social media, game online, online shopping, internet banking dan lain-lain. Tapi, kebanyakan dari kita masih awam dalam hal pengetahuan tentang dunia cyber ini, dimana dengan kehadirannya telah membuat jarak dan waktu bukan lagi menjadi penghalang. Apalagi kita yang cuma pengguna produk-produk internet, pengetahuan kita biasanya hanya terbatas pada bagaimana cara menggunakannya, tanpa mengetahui bagaimana sebuah situs/web site bisa muncul di internet sampai kemudian kita dapat menggunakan segala informasi yang kita butuhkan disitu. Nah, salah satu istilah yang terkait erat dengan hal itu adalah web hosting.
Secara terminologi, web hosting ini masih termasuk istilah asing dari Bahasa Inggris yang sepertinya saya sendiri juga belum tahu apa padanan istilahnya yang tepat dalam Bahasa Indonesia. Jika kita artikan kata per kata, web = jaringan, hosting = tuan rumah atau pemilik. Jadi, secara sederhana dapat kita artikan web hosting = tuan rumah atau pemilik jasa jaringan. Jika kita telusuri lewat internet, kita bisa menemukan penjelasan mengenai pengertian web hosting di sebuah situs ensiklopedia internet-Wikipedia. Di situs itu tertulis, web hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan.
Nah, dari pengertian itu dapat kita analogikan web hosting ini dengan sebuah penyewaan tempat/bangunan untuk suatu usaha. Kita ambil contoh jasa penyewaan ruko. Pemilik ruko selaku penyedia jasa, menyewakan rukonya untuk orang-orang (penyewa) yang ingin membuka usaha. Pemilik ruko juga memberikan fasilitas pendukung bagi penyewa seperti tempat parkir, listrik, air dan lain-lain untuk mendukung kelancaran operasional usaha penyewa rukonya. Ukuran dan spesifikasi ruko yang berbeda menyebabkan harga sewa ruko per tahunnya juga berbeda. Setiap penyewa bisa dengan bebas menentukan sendiri jenis usahanya dan segmen pasarnya, tetapi tetap saja luas tempat usahanya dibatasi oleh seberapa besar ukuran ruko yang disewanya.
Kira-kira seperti itu juga dengan web hosting. Sebuah perusahaan web hosting selaku pemilik jasa layanan hosting menyediakan tempat di internet bagi perorangan ataupun suatu organisasi yang ingin menyewa tempat tersebut untuk menampilkan layanan jasa/produk dalam bentuk web site/situs internet. Tempat disini seperti pengertian di atas dapat juga berarti tempat penyimpanan data yang tentu saja memiliki batas maksimum kapasitasnya masing-masing sama dengan luas ruko sewaan tadi. Setiap pelanggan dapat menyewa itu, dan mengoperasikan web sitenya masing-masing sesuai dengan produk/jasa yang ingin ditampilkannya untuk kemudian diakses oleh user (pengguna) di seluruh dunia. Sebagai penyedia jasa jaringan atau kita biasa menyebutnya server, tentu saja sebuah perusahaan web hosting harus menyediakan segala fasilitas yang berkaitan dengan penyediaan tempat di internet itu, baik itu hardware, software, email dan lain-lain yang memungkinkan pihak penyewa dapat membuka/membuat dan mengoperasikan web sitenya.
Lantas, pertanyaan selanjutnya adalah seberapa pentingnya web hosting ini?
Seperti yang sudah saya sampaikan di bagian pembuka tulisan saya ini, bahwa di era sekarang ini jarak dan waktu bukan lagi penghalang dengan kehadiran internet di tengah-tengah kehidupan moderen manusia saat ini. Seiring perkembangan internet, berbagai bentuk pemasaran, promosi ataupun pelayanan publik yang dilakukan manusia juga telah mengalami perubahan. Cara-cara pemasaran/promosi konvensional, walaupun masih ada, perlahan-lahan mulai berkurang intensitas penggunaannya dan digantikan dengan pemasaran melalui media internet. Belakangan ini kita bisa lihat sendiri begitu menjamurnya iklan-iklan di internet yang menawarkan berbagai jenis produk maupun jasa, di hampir setiap web site yang kita telusuri. Saya kira ini adalah suatu trend yang cukup baik, dimana dua alasan yang melatar belakangi hal tersebut adalah efektifitas dan efisiensi.
Kehadiran internet telah membebaskan manusia dari belenggu jarak dan waktu. Tak perlu saya mencantumkan data statistik berapa jumlah pengguna internet di dunia saat ini. Cukup dengan melihat contoh kecil di lingkungan kita sehari-hari. Berapa orang di dalam rumah kita yang punya akun facebook atau twitter atau email?. Hampir setiap dari kita tidak ingin ketinggalan untuk turut merasakan dan menggunakan hasil temuan dari kemajuan peradaban manusia di abad 21 ini. Untuk itulah, media pemasaran melalui internet dimanfaatkan oleh orang-orang yang berkepentingan (penyewa) yang ingin "berpromosi" baik untuk memperkenalkan dirinya, produk maupun jasanya ke orang lain. Begitu juga bagi pengguna (user) yang membutuhkan informasi tersebut, merasa terbantukan dengan keberadaan internet. Dengan alasan itulah, jasa web hosting hadir menjembatani kepentingan penyewa dan user. Perkembangan web hosting pun semakin semarak dengan semakin bertambahnya keinginan orang-orang menggunakan internet sebagai media beriklan. Tidak hanya bagi individual, kebutuhan untuk menggunakan jasa web hosting juga semakin marak di kalangan organisasi. Sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, perbankan, yayasan dan partai adalah sebagian dari contoh organisasi yang memanfaatkan media internet untuk media beriklan. Bukan hanya "menjual" produk atau jasa, media internet digunakan pula sebagai sarana penyampaian informasi tentang organisasi tersebut baik yang diperuntukkan untuk orang-orang dalam maupun di luar organisasi tersebut. Itulah mengapa kebutuhan akan jasa web hosting jadi meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan untuk berpromosi. Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun saat ini sudah cukup banyak perusahaan web hosting yang beroperasional. 
Sekarang, mari posisikan diri kita selaku orang yang ingin mengiklankan suatu produk/jasa kita mealui web site dengan menggunakan jasa perusahaan web hosting selaku hosting providernya. Tentu saja, jika kita termasuk orang yang ingin beriklan lewat media online, kita harus benar-benar jeli mencari jasa web hosting yang benar-benar "memuaskan" keinginan kita selaku penyewa/pelanggan. Dua kata yang menjadi dasar kepuasan kita yaitu efektif dan efisien.
Efektif dalam hal ini terkait dengan kualitas layanan yang diberikan, dimana target kita selaku pengiklan tentu saja menginginkan iklan kita dapat menjangkau pasar dan mendapat respon yang positif. Hal itu berhubungan erat dengan sejauh mana pasar (user) dapat mengakses dengan baik apa yang kita iklankan/informasikan. Dan jika dilihat dari sisi ekonomi, itu bisa diukur dengan naiknya permintaan terhadap produk/jasa yang kita tawarkan, setelah kita mengiklankan lewat web site.
Sementara dari segi efisiensi, dengan menggunakan hitung-hitungan ekonomi pula, kita pasti menginginkan biaya operasional yang kecil dalam menjalankan usaha kita. Salah satu caranya adalah dengan meminimalkan pos pengeluaran untuk biaya iklan, namun dapat mendatangkan keuntungan yang maksimal.
Untuk itulah, di Indonesia kini telah hadir jasa web hosting yang berusaha memenuhi keinginan kita akan efektifitas dan efisiensi tersebut. Dengan mengusung motto "web hosting murah terbaik di Indonesia", Anekahosting.com hadir di Indonesia sejak 5 tahun lalu sebagai perusahaan jasa web hosting yang mengedepankan kualitas layanan dengan fitur-fitur yang lengkap dan harga yang kompetitif untuk kepuasan pelanggannya di tanah air yang beraneka ragam. 
Saat ini ada 4 paket yang ditawarkan oleh Anekahosting.com dengan harga paket per bulannya yang tergolong murah dengan kapasitas dan spesifikasi yang berbeda di setiap paketnya. Paket-paket itu meliputi Package Bronze seharga Rp.15000/bulan, Package Silver Rp.35000/bulan, Package Gold Rp.75000/bulan serta Package Platinum Rp.125000/bulan Selengkapnya detail masing-masing paket itu dapat dicek di website Anekahosting.com. Harga paket yang murah itu tak berarti bahwa kualitasnya minim. Sesuai dengan slogannya sebagai web hosting murah terbaik di Indonesia, Anekahosting.com selalu mengedepankan kualitas dengan memberikan fitur-fitur menarik kepada pelanggannya, berupa : (1) aktivasi cepat dan mudah; (2) cpanel based; (3) iPhone & blackberry support; (4) PHP dan MYSQL terbaru; (5) dilengkapi fantastico (6) migrasi gratis dan (7) uptime guarantee 99%. Harapan kita adalah dengan kehadiran Anekahosting.com dapat memenuhi keinginan masyarakat Indonesia yang membutuhkan pemasaran melalui media online. Semoga saja, motto Anekahosting.com sebagai web hosting murah dan terbaik di Indonesia benar-benar bisa menjadi andalan bagi masyarakat yang membutuhkan jasa web hosting untuk mendapatkan layanan yang murah, tapi tetap kompetitif dan berkualitas. 

Tidak ada komentar: