Sabtu, 20 Juli 2013

Definisi Lingkungan dan Ilmu Lingkungan


Dalam kehidupan sehari-sehari kita kerap kali mendengarkan kata 'lingkungan'. Kata lingkungan seringkali disematkan di depan atau di belakang kata lain, baik itu kata yang menunjukkan tempat, kata benda, kata kerja maupun kata keterangan. Misalnya lingkungan sekolah, lingkungan rumah, lingkungan kerja, lingkungan alam, lingkungan hidup, lingkungan sosial, jalan lingkungan, sanitasi lingkungan dan lain-lain.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, definisi lingkungan secara umum adalah: [n] (1) daerah (kawasan dsb) yang termasuk di dalamnya; (2) bagian wilayah dari kelurahan yang merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintahan desa; (3) golongan; kalangan: ia berasal dari ~ bangsawan; (4) semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia atau hewan: kita harus mencegah pencemaran ~.
Dari pengertian di atas, dapat dilihat bahwa arti kata 'lingkungan' menjadi berbeda-beda tergantung pada konteks kalimatnya dan kata yang mengikutinya. Kita dapat melihat bahwa makna lingkungan diatas mengacu pada arti dari kata/kalimat (1) lingkungan hidup; (2) lingkungan desa; (3) lingkungan bangsawan dan (4) pencemaran lingkungan.

Beberapa pengertian lain tentang lingkungan adalah sbb;
  • Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
  • Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung.
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan kehidupan manusia, lingkungan juga menjadi salah satu cabang ilmu yang dikaji dalam dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri, kajian ilmu lingkungan secara sistematis dan komprehensif baru ditemukan di tingkat perguruan tinggi. Itupun beberapa diantaranya hanya terdapat pada jenjang magister, yang memadukan ilmu lingkungan dengan disiplin ilmu lain seperti ilmu teknik, sosial, hukum, ekonomi, pertanian dan kesehatan sebagai aspek kajiannya.

Beberapa pengertian tentang ilmu lingkungan dapat dilihat di bawah ini:
  • Ilmu lingkungan merupakan salah satu ilmu yang mengintegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungannya, antara lain dari aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pertanian, sehingga ilmu ini dapat dikatakan sebagai suatu poros, tempat berbagai asas dan konsep berbagai ilmu yang saling terkait satu sama lain untuk mengatasi masalah hubungan antara jasad hidup dengan lingkungannya.
  • Ilmu lingkungan adalah suatu studi yang sistematis mengenai lingkungan hidup dan kedudukan manusia yang pantas di dalamnya. Perbedaan utama ilmu lingkungan dan ekologi adalah dengan adanya misi untuk mencari pengetahuan yang arif, tepat (valid), baru, dan menyeluruh tentang alam sekitar, dan dampak perlakuan manusia terhadap alam.
  • Ilmu lingkungan adalah ilmu interdisipliner untuk mengukur dan menilai perubahan dan dampak kegiatan manusia terhadap ekosistem, sedemikian rupa sehingga dapat mengelola ekosistem tersebut demi keberlangsungan hidup (survival) sendiri.

Tidak ada komentar: